Cari Blog Ini

Bidvertiser

Sabtu, 24 Juni 2017

Pesan dari Gunung Kidul//Terima Kasih Garuda Indonesia//Lomba Menulis (Surat Pembaca Kompas)

Pesan dari Gunung Kidul

Setiap liburan akhir pekan, jalur lalu lintas menuju Gunung Kidul, Yogyakarta, selalu dipadati wisatawan yang akan menikmati keindahan pantai selatan. Dari rombongan bersepeda motor, mobil pribadi, hingga bus-bus besar, jumlahnya terus meningkat dari hari ke hari.

Dahulu untuk menuju pantai, paling padat adalah jalur jalan Baron. Sekarang, dengan bantuan google map, orang menjadi tahu jalan alternatif. Akibatnya, semua jalur menuju pantai menjadi ramai deru kendaraan.

Seiring naiknya jumlah wisatawan, ternyata naik pula angka kecelakaan di jalan dan di tempat wisata. Penyebab kecelakaan di jalan, di antaranya pengendara atau sopir belum mengenal medan.

Jalan memang mulus, tetapi banyak kelokan. Ada yang naik tinggi dan panjang, seperti di Pok Cucak dan Sadeng. Ada pula yang naik langsung belok atau turun tajam langsung belok, seperti di Girisubo. Hal ini sering membuat pengendara kaget dan hilang kendali.

Penyebab kecelakaan lain adalah ketidakpatuhan. Di pantai sudah ada tanda peringatan "dilarang mandi/berenang, berbahaya" masih saja ada yang melanggar dan akhirnya menjadi korban. Hal ini sudah berulang-ulang terjadi menimpa wisatawan.

Kini, menikmati liburan akhir tahun pelajaran sekolah sekaligus Idul Fitri, semoga pesan ini menjadi refleksi bersama agar kecelakaan dapat diminimalkan.

DRS WIYANA, MPD

Semanu Selatan RT 007 RW 042, Semanu, Gunung Kidul 55893

Terima Kasih Garuda Indonesia

Saat check in untuk penerbangan Surabaya menuju Jakarta, Kamis (18/5), kartu identitas saya berupa SIM A dan Kartu Garuda Miles atas nama Anindityas Irawati, tertinggal.

Kartu SIM A dan Garuda Miles tersebut telah dikirim ke alamat saya dan telah diterima tanpa kurang apa pun.

Mengingat kartu tersebut sangat saya butuhkan, maka atas nama pribadi saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh manajemen Garuda Indonesia, khususnya bagian Central Baggage Tracing yang telah membantu pengiriman kartu identitas tersebut,

Semoga Garuda Indonesia semakin maju dan berkembang.

ANINDITYAS IRAWATI

Jl Tebet Barat Dalam, Tebet, Jakarta Selatan

Lomba Menulis

Saya guru mata pelajaran Sosiologi sekaligus pembina OSIS di SMA swasta, Medan. Saya giat membimbing siswa untuk mengikuti lomba menulis yang diadakan berbagai lembaga. Selama beberapa tahun, banyak prestasi yang diraih siswa sehingga mereka kian bersemangat.

Namun, mereka kecewa saat mengikuti lomba menulis esai "Manusia Indonesia Pertama" Tribute to Soekarno yang diadakan Khatulistiwa Muda, beralamat di Jalan Ciateul, Bandung, sekitar pertengahan 2016.

Dalam lomba ini siswa saya bernama Rizky Adam Siregar dinyatakan sebagai juara III dalam akun Facebook Manusia Indonesia Pertama dan seharusnya berhak atas hadiah uang tunai Rp 2 juta. Namun, panitia terus menghindar memberikan hadiah dengan berbagai alasan.

Setelah didesak, akhirnya panitia menjanjikan akan mengirim hadiah itu akhir tahun 2016. Namun, hingga Mei 2017, tidak ada kabarnya.

Dalam lomba lain: Esai dan Quotes "Tribute to Syekh Nawawi al-Bantani" yang diadakan oleh Bangun Indonesia Institute, dijanjikan pemenang akan diumumkan 13 Oktober 2016.

Namun, sejak tenggat lomba berakhir, kontak panitia semakin sulit dihubungi. Hingga Mei 2017, tidak ada pemberitahuan apa pun dari panitia. Bahkan, akun Instagram panitia (@tributetosyekhnawawi) pun telantar.

Lomba berikutnya adalah menulis tentang CSI (PT Cakrabuana Sukses Indonesia) yang diadakan dengan tenggat November 2016. Kondisinya setali tiga uang.

Panitia tak dapat dihubungi melalui nomor kontak yang tertera pada poster maupun akun Facebook PT Cakrabuana Sukses Indonesia. Sama seperti lomba-lomba sebelumnya, hingga Mei 2017, tiada kabar atau pengumuman para pemenangnya.

Melalui surat ini, saya ingin menggugah kepedulian panitia maupun pihak-pihak lain yang terlibat. Jangan biarkan semangat generasi muda untuk gemar membaca dan menulis, akhirnya padam karena tertipu janji-janji palsu.

FRIZT HOTMAN DAMANIK

Harjosari I, Medan Amplas, Medan

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 24 Juni 2017, di halaman 7 dengan judul "Surat Kepada Redaksi".

Sent from my BlackBerry 10 smartphone on the Telkomsel network.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger